Wisata Perpustakaan di Jakarta

Nama blog ini seharusnya sudah jelas menerangkan bahwa empunya blog ini adalah pecinta buku. Dalam kurun waktu lima tahun ini saja, dari catatan di situs goodreads, hampir seribu buku telah tercatat. Belum lagi yang tercatat atau yang lebih lama dari lima tahun yang lalu. Maka mungkin gue bisa dikatakan seorang penggila buku. Lima tahun ini juga gue terlibat aktif di sebuah komunitas membaca, Goodreads Indonesia. Beberapa kegiatannya sudah gue tuliskan di blog ini. Untuk kali ini, gue akan memberikan informasi tentang perpustakaan umum yang bisa didatangi di Jakarta.

1. Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta

Perpustakaan yang dikelola oleh Pemda DKI Jakarta ini berlokasi di Gd. Nyi Ageng Serang Lt. 7-8 Jl. HR Rasuna Said Kav. C22, Jakarta Selatan. Letaknya persis di belakang Plaza Festival. Koleksinya beragam, fiksi dan nonfiksi yang tersusun rapi di dalam rak buku. Perpustakaan ini terdiri dari banyak ruangan. Ada ruangan yang bukunya bisa dipinjam, ada pula yang hanya bisa dibaca di tempat. Yang paling menarik adalah ruangan khusus koleksi buku-buku tentang Jakarta. Dari luar ruangan ini berbentuk seperti bagian depan rumah khas Betawi lengkap dengan furniturnya. Kita bisa mencari informasi mengenai sejarah Ibukota dari zaman penjajahan Belanda hingga sekarang. Selain itu ada juga ruangan khusus anak-anak. Di ruangan yang cukup luas ini, anak bebas beraktivitas. Konon, ruang anak di Perpumda awalnya dianggap sebagai ruangan yang mengganggu bagi pengunjung dan pegawai perpustakaan. Karena kebanyakan anak yang sering datang, hanya bermain dan berlarian saja. Namun, dengan kesabaran dan konsistensi pustakawan Perpumda, akhirnya mereka bisa berubah dan mulai gemar membaca. Bahkan sekarang dalam ruangan tersebut, sudah dilengkapi dengan pendingin udara, koneksi internet dan televisi. Untuk mendaftar di sini, bisa menyerahkan satu lembar fotokopi kartu identitas diri dan di sana akan difoto atau untuk amannya membawa satu lembar pas foto berwarna ukuran 2*3 cm. Perpumda DKI Jakarta beroperasi setiap hari kecuali hari libur nasional dari pukul sembilan pagi sampai pukul delapan malam.

2. Library@Batavia

Gue mengetahui keberadaan perpustakaan ini setelah beberapa kali datang ke Museum Bank Mandiri. Library@Batavia merupakan perpustakaan umum pertama yang didirikan di dalam museum. Berada di lantai satu museum yang berlokasi di Jalan Lapangan Stasiun No. 1 Kota, Jakarta. Perpustakaan yang berdiri sejak tahun 2008 ini dikelola oleh Forum Indonesia Membaca yang dipimpin oleh Sekar Chamdi. Beliau adalah salah seorang penggerak literasi di Indonesia yang dengan berbagai metode menarik berupaya untuk mengembangkan perpustakaan dan taman bacaan masyarakat. Salah satu metodenya adalah perpustakaan yang tanpa aturan. Sehingga pustakawan dan pengujung tidak kaku terhadap peraturan dan perpustakaan bisa lebih dianggap seperti tempat yang bersahabat. Tidak ada lagi larangan berisik, karena perpustakaan dijadikan tempat diskusi berbagai hal. Di perpustakaan ini juga disediakan tempat untuk anak-anak. Dengan karpet yang nyaman bisa duduk lesehan sambil membaca.  Perpustakaan ini telah memiliki koleksi lebih dari sepuluh ribu buku dengan berbagai genre. Kebanyakan yang datang ke Library@Batavia adalah pengunjung museum dan peserta kegiatan yang diselenggarakan Forum Indonesia Membaca. Perpustakaan ini buka seperti jam operasional museum yaitu tiap hari selasa sampai minggu, pukul sepuluh pagi hingga empat sore.

*Sumber: perpustakaanfim.wordpress.com*

3. Freedom Library

Baru minggu kemarin, gue berkunjung ke perpustakaan yang berlokasi di Jalan Proklmasi No.41 Menteng Jakarta Pusat. Dari luarnya saja, arsitektur modern dan bernuansa kayu ini sungguh memukau. Begitu masuk, gue juga terkesima dengan rak buku yang tertata rapi. Di beberapa tempat terlihat berbagai macam pilihan tempat duduk (kursi, bangku, sofa) untuk bersantai membaca buku. Di dinding-dinding ada tulisan kutipan orang-orang terkenal tentang pemerintahan. Untuk menjadi anggota perpustakaan ini cukup mudah. Hanya dengan mengisi formulir tanpa bayaram. saat itu juga akan diberikan kartu. Berbeda dengan Library@Batavia yang tanpa aturan, Freedom Library punya peraturan yang cukup banyak. Seperti harus memakai pakaian yang rapi dan sopan. Juga dilarang untuk pengunjung memotret. Dan aturan lain yang membuat perpustakaan ini sepi dari suara-suara. Bagi yang ingin membaca dengan suasana tenang, perpustakaan inilah yang paling nyaman untuk disambangi. Freedom Library buka dari hari senin sampai jumat  pukul sembilan pagi hingga sembilan malam. Sedangkan hari sabtu dan minggu, mulai pukul sepuluh pagi hingga pukul lima sore.

4. Perpustakaan Pustaka Kelana

Perpustakaan ini dikelola oleh Yayasan Pustaka Kelana yang dipimpin oleh Ibu Nasti. Lokasinya memang agak sulit diakses karena berada di dalam perumahan. Tepatnya di Jalan Kelapa No.2, Rawamangun Jakarta Timur. Menempati sebuah rumah sederhana, koleksi bukunya bisa dibilang lengkap. Baik yang berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Namun, memang kebanyakan koleksinya untuk anak-anak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Yayasan Pustaka Kelana punya banyak sekali program. Seperti perpustakaan keliling yang menggunakan mobil ataupun motor. Biasanya perpustakaan keliling singgah di beberapa tempat, contohnya seperti di kawasan UNJ. Selain itu ada juga program Cinta Membaca. Setiap anggota perpustakaan akan diberikan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Siapa yang berhasil, akan mendapatkan sebuah wisata gratis dari Yayasan Pusataka Kelana.  Sayang sekali ruangannya yang tidak luas menjadikan buku-buku masih banyak yang berada di dalam container-container kecil. Perpustakaan ini buka tiap hari senin hingga jumat dari pagi hingga pukul setengah enam sore. Sedangkan untuk biaya menjadi anggota hanya lima ribu rupiah saja.

*Sumber: pustakakelana.or.id*

*Sumber: pustakakelana.or.id*

 

 

16 thoughts on “Wisata Perpustakaan di Jakarta

  1. Penulis @Clara_ng ingin sumbangkan buku2 anak utk perpustakaan, tp hrs ada relawan yg bantuin bongkar2 bukunya. “Caranya: krm email ke indiana_lesmana at yahoo dot com, ksh tau perpustakaannya di mana. Spt apa. Lalu kpn bs available bantuin aku bongkar.”

  2. ahhhh perpustakaan, jadi kangen membangun perpustakaan lagi saat saya masih menjadi mahasiswa di jurusan Ilmu Informasi dan perpustakaan.

    btw salam kenal, pecinta perpustakaan

  3. Thanks infonya. Saya lagi di jakarta dari makassar nothing to do, kenapa tidak ke perpustakaan. InshaAllah Saya akan ke perpustakaan freedom hari ini.

  4. asyik ya, bisa main-main ke perpustakaan. Btw, jadi pengen. Kira-kira ada perpustakaan yang bisa diakses untuk umum gak di wilayah jakarta selatan? Tapi ktp nya yogyakarta nih,bisa gak yah ngelamar jadi anggota? Terus yang bukanya sampe malem. ‘Coz saya kerjanya dari hari senin sampe sabtu sore. Thx thx for attention nya

  5. Like this posttt… pas bgt lagi mencari perpustakaan-perpustakaan di jakartaa yang bagus
    I love bookkss tooo
    visit my new blog (bukurevitha.blogspot.com)
    tentang review buku yang pernah dibacaa..

  6. Waaah makasih sharingnya ttg perpustakaan,kebetulan lagi kangen pengen ke perpustakaan,udah lama penasaran pengen mampir ke Perpusda DKI yg kebetulan lokasinya deket banget ma kantor,tp berhubung ga ada temennya jadi agak males hehe. Aku baru tau yg freedom library itu wiiih keren banget ya…harus dicoba ke sana deh kayanya,lumayan deket jg.Thanks Harun🙂

  7. Wah banyak sekali yang mampir ke blog aku karena tulisan perpustakaan ini. Terima kasih ya teman-teman sudah mengunjungi blog sederhana ini. Mudah-mudahan tahun ini aku sempat menambahkan informasi tentang perpustakaan lainnya yang ada di Jakarta..

  8. Pingback: 7 Perpustakaan Asik di Jakarta - Astaga.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s