World Read Aloud Day 2013 @ Car Free Day

3 Maret 2012

Entah sudah berapa tahun program “Car Free Day” sudah dilaksanakan. Dimulai dengan sebulan sekali sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Hingga kini sudah tiap minggu dan menyebar di beberapa jalan protokol Jakarta. Gue sendiri tidak pernah tertarik untuk datang. Bukan karena gue tidak bisa bangun pagi. Malahan gue adalah seorang ‘morning person’. Jam biologis gue selalu membangunkan gue dari tidur sebelum pukul enam pagi. Namun kalau tidak sedang dalam perjalanan, biasanya gue lebih memilih untuk bersantai di rumah saja. Walaupun begitu, selalu saja ada yang pertama kali untuk segalanya. Begitu juga dengan kehadiran gue di Car Free Day. Di sana, gue  melakukan kampanye bertajuk “World Read Aloud Day 2013” bersama teman-teman dari komunitas Goodreads Indonesia.

World Read Aloud Day adalah sebuah program dari litworld.org yang bermukim di negeri Paman Sam. Kampanye tersebut bertujuan untuk menyuarakan kepada penduduk Bumi bahwa kegiatan membaca dan menulis adalah kebutuhan dasar dari tiap manusia. Dengan terpenuhinya hak tersebut, diharapkan dapat menjamin kehidupan yang lebih baik. Misi tersebut merupakan salah satu yang diemban Goodreads Indonesia selama ini. Maka dengan senang hati kami ikut menyemarakkan kampanye tersebut. Kegiatan yang kami adakan salah satunya adalah “Mendongeng di Car Free Day”

IMG_0231

Sekitar pukul tujuh pagi, gue sudah sampai di sekitaran bundaran HI bersama Echa, Anop dan Nura. Dari sana, kami menuju lokasi pertemuan di halte depan Hotel Pullman. Ternyata sudah ramai sekali orang yang beraktivitas. Ada yang berlari, berjalan atau duduk-duduk sambil mengobrol santai. Kami sendiri langsung memasang banner, menempel poster dan menggelar buku-buku besar yang kami pinjam dari Pustaka Kelana. Langsung saja banyak orang yang mendekat karena tertarik dengan ukuran buku yang kami bawa. Apalagi kak Nura dengan senang membacakan bukunya. Bahkan Satpol PP pun ikut mampir. Namun dalam rangka menegur kami karena menggelar spanduk di bawah tanpa surat izin. Agak kesal tetapi jika dipikirkan lebih lanjut, tindakan mereka sudah benar. Kalau saja siapapun boleh menggelar apapun di sepanjang trotoar Sudirman-Thamrin. Jalanan tersebut tidak ubahnya seperti pasar kaget. Belum lagi sampah yang akan tertinggal setelah acara selesai. Setidaknyadengan pengawasan seperti itu, kebersihan menjadi terjaga.

DSC05278

DSC05291

IMG_0299

Jan 2013 018

Jan 2013 030

Setelah teman-teman lainnya berdatangan, kami memutuskan untuk menyebar. Ada tiga tim yang berkeliaran sepanjang jalan Sudirman-Thamrin dan satu tim tetap berdiam di halte. Dengan senang hati, kami mendongeng kepada siapapun yang ingin mendengarkan. Tidak hanya anak-anak yang tertarik dengan dongeng tetapi juga remaja bahkan bapak-bapak yang sudah berusia lanjut. Senang sekali melihat antusiasme mereka ketika mendengarkan kami mendongeng. Melupakan lelah mereka sehabis olahraga dan membawa mereka ke alam imajinasi. Terima kasih untuk teman-teman yang dengan kerelaan hati mau meluangkan waktu dan tenaga untuk mendongeng. Juga atas buku-buku yang disumbangkan kepada Papua Baca. Semoga buku-buku tersebut membawa perubahan bagi saudara-saudara kita di Papua.

IMG_3970
IMG_0276

IMG_3963

IMG_3981

IMG_0257

Sepertinya program mendongeng ini bisa dijadikan acara rutin Goodreads Indonesia di Car Free Day. Sambil berwisata dan berolahraga gratis, kami bisa menyuarakan pentingnya membaca. Sehingga suatu hari nanti tercipta budaya membaca di Indonesia. Semoga saja..

IMG_4241

DSC05321

NB: Semua foto di atas adalah milik Goodreads Indonesia dan bisa dilihat selengkapnya di sini.

6 thoughts on “World Read Aloud Day 2013 @ Car Free Day

  1. senengnya liat anak2 tertawa riang….
    liat buku cetak yg ukurannya gede bgttttt
    gw sendiri br liat kalau ada buku cerita sebesar itu…
    gw berharap ini jd kegiatan rutin GRI. biar gw jg bs bgn pagi d wkt libur hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s