Tim UG Memutih Asyik! (@ Ancol)

15 September 2012

Sudah lama rasanya tidak ada tulisan baru di blog ini. Ada rasa rindu yang timbul sekadar untuk meninggalkan pesan. Sebenarnya gue punya bahan tulisan tentang pengalaman pulang kampung kemarin hari. Namun karena kesibukan di kantor membuat gue tak kunjung menuliskannya. Kemudian datanglah ide untuk menuliskan pengalaman gue ketika bersesi foto dengan teman-teman dari Tim UG. Lokasi yang kami pilih adalah pantai yang terletak di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Lama sekali rencana ini sudah diniatkan tetapi baru terlaksana pada tanggal 15 September 2012. Jika sesi foto sebelumnya kami berkonsep warna-warni di Cirebon. Kali ini kami menggunakan konsep serba putih. Dengan sedikit sentuhan warna coklat muda, krem dan sejenisnya.

Untuk tulisan ini, ada sepuluh foto favorit pilihan gue. Mengapa hanya sepuluh? Karena dengan begitu akan menantang buat gue untuk memilih sepuluh foto dari puluhan foto yang ada. Awalnya gue memilih sepuluh foto yang paling bagus menurut gue. Namun, akhirnya gue juga memilih foto-foto yang mungkin tampak biasa saja. Namun darinya, gue bisa bercerita cukup banyak.  Foto-foto yang ada di tulisan ini gue ambil dari album foto milik kakak gue tersayang, Nina.

Mari kita mulai dengan tiga foto grup yang paling gue suka. Alasannya, menurut gue yang awam ini, ekspresi dan komposisinya paling pas dibandingkan dengan semua foto grup yang ada.

Dari foto ketiga, kita bisa lihat foto di ambil dari bawah. Nina mengambil fotonya dengan cara bertelungkup di tanah. Ya, dia memang seorang fotografer yang cukup total dan berdedikasi. Sudah sering sekali dia bertelungkup di tanah ataupun mencari posisi aneh lainnya untuk mengambil sudut pandang yang paling pas. Tak peduli kotor, cuaca panas atau di keramaian, dia akan mengambil posisi apapun demi hasil yang menurutnya akan sempurna. Nina, fotografer andalan kesayangan Tim UG!

Tak semua pengambilan foto berjalan lancar. Maklum saja, kami memang bukan model profesional. Kami hanya muda-mudi yang senang berfoto ria. Memikirkan gaya dan pose sendiri. Sampai terkadang bingung dan mati gaya mesti berpose apa lagi. Tak pelak tawa selalu menemani kami hari itu. Terkadang butuh perdebatan yang cukup drama dan lama untuk menentukan suatu gaya. Bahkan ada saat dimana Nina menyerah dengan kami. Karena tak kunjung bisa memberikan hasil maksimal akan pose yang dia minta. Seperti foto ini, Nina menyuruh kami untuk berlari ke arahnya. Namun sudah berkali-kali diulang, tetap saja Nina merasa hasilnya kurang bagus. Yang bisa diterjemahkan melalui komentarnya, “ Ya udah deh, lumayan..”

Foto juga akan terlihat lucu dan aneh ketika bermaksud candid  tetapi terlihat bahwa pose tersebut direncanakan. Seperti foto di bawah ini:

Terlalu banyak yang ‘menunjuk’ ke arah satu objek. Namun, sebenarnya saat itu memang ada yang kami tunjuk. Di bawah dekat jembatan, kita melihat gerombolan ubur-ubur dengan berbagai ukuran. Pelaku foto candid yang direncanakan sebenarnya bukan hanya kami. Banyak juga orang lain yang melakukannya. Selain itu, pose sejuta umat yang sering dilakukan adalah levitasi. Fotografer akan mengambil foto kita ketika melompat di udara. Tak mudah memang mendapatkan gambar yang bagus. Apalagi kalau dilakukan secara beramai-ramai. Urusan menentukan waktu bersamaaan yang tepat untuk melompat adalah salah satunya. Bahkan untuk pose yang satu ini, salah satu anggota Tim UG harus merelakan celananya robek di bagian selangkangan. Siapa? Yah biarkanlah jadi rahasia kami dan inilah usaha terbaik yang bisa kami berikan untuk foto levitasi:

Selain foto grup, kami juga foto solo dan duet. Untuk foto solo, gue berniat memilih satu foto. Namun ternyata ada dua yang tidak bisa gue sisihkan salah satunya. Lidya, terlihat cantik tak kalah dengan aslinya. Dengan topi, koper lecil, tiang lampu, membuat gambar terlihat pas di mata (dan turun ke hati). Sedangkan Rilla berdiri dekat dengan lambang cinta dan banyak gembok yang terpasangkan di sekitarnya.Menghadap ke laut, Rilla seperti menunggu seseorang yang jauh di sana untuk kembali ke sisinya. Demi memenuhi janjinya untuk bersama selalu selamanya. Ah begitu romantis…

Sedangkan untuk foto duet, gue tidak memilih foto romantis. Padahal kami semua mencoba untuk menampilkan foto yang terlihat romantis. Mencoba berpelukan hingga menatap pasangan penuh arti. Namun dari semua foto, gue malah jatuh cinta dengan foto Lidya dan Dion. gue bisa melihat tawa mereka begitu lepas. Memang begitulah pertemanan kami semua. Agak jauh dari definisi romantis tetapi selalu ada tawa yang menyertai kebersamaan kami. Membuat pertemanan ini begitu menyenangkan dan adiktif untuk selalu bertemu.

Pertemanan ini memang belumlah berusia satu tahun. Namun, ternyata waktu yang tak lama itu tak menghalangi kedekatan kami. Dari sebuah perjalanan ke Ujung Genteng (maka kemudian kami menamakan diri Tim UG), berlanjut ke berbagai perjalanan lainnya. Semoga saja ini akan terus berlanjut dan gue yakin akan begitu. Akan ada perjalanan dan tentunya sesi foto berikutnya dengan konsep dan tempat yang berbeda. Yang pasti, gue cinta banget sama Tim UG. Cinta…!!!

“Perhaps travel cannot prevent bigotry, but by demonstrating that all peoples cry, laugh, eat, worry, and die, it can introduce the idea that if we try and understand each other, we may even become friends.” (Maya Angelou)

(Ki-Ka) Dion, Lidya, Dino, Rilla, Gue, Dian, Dido, Nina, Irfan.

NB: Foto lainnya bisa dilihat di album Nina, Lidya dan Rilla

7 thoughts on “Tim UG Memutih Asyik! (@ Ancol)

  1. Hiks… jadi terharu…. love u all guys and gals… u really gave me the strength to keep smiling… Hope our friendship will last forever (mulai lebay deh….)… btw gw jadi kepikir buat beli baju yg model2 begitu aahhaahhahahah (so not like me at all!! :p)

  2. Run, gw terharu membaca tulisan loe……keep writing run, jd kan persahabatan kita bahan tulisan yg bagus🙂. Thanks…..team UG yg tlah memberikan warna pada hidupku,

  3. fotonya bagus-baguuuuuus..
    tapi foto lain yang dikasih lewat link di atas, gak bisa dibuka semua.
    harus jadi teman di FB dulu sepertinya yah?

Leave a Reply

