Pameran Buku dan Ilustrasi Anak dari Belanda

31 Januari 2012

Pusat kebudayaan bisa dijadikan tempat tujuan anda berwisata. Program acara yang ditawarkan biasanya seputar musik, sastra, tari, pameran karya seni dan lain-lain. Kebanyakan dari acara tersebut tidaklah dipungut biaya. Salah satu pusat kebudayaan di Jakarta yang bisa anda kunjungi adalah Erasmus Huis milik Kerajaan Belanda. Terletak di JL. HR Rasuna Said, Kuningan, lokasinya sangat mudah untuk dijangkau. Dari tanggal 14 Januari 2012, Erasmus Huis menyelenggarakan “Exhibition of Dutch Children’s Books and Ilustrations”.

*Sumber: Rileks.com*

Sebagai pecinta buku anak-anak, sudah menjadi kewajiban gue untuk mengunjungi pameran ini. Selasa siang kemarin gue menyempatkan untuk datang. Seperti kebanyakan pameran, pengunjungnya sangat sedikit sehingga terlihat sepi. Saat gue datang, hanya ada enam orang dalam ruangan tersebut. Mereka sedang membaca buku anak-anak dan menikmati ilustrasi buku anak-anak yang menggugah mata.

DSCN0621

DSCN0630

DSCN0632

Pada pameran ini terdapat banyak panel ilustrasi buku anak-anak dari Belanda. Ilustrasi tersebut dipindai terlebih dahulu lalu kemudian dicetak dalam ukuran besar. Dekat panel tersebut, ditaruh juga buku-bukunya sehingga kita bisa membaca di tempat. Terdapat kursi-kursi kecil untuk duduk dan membaca. Juga terdapat tiruan rumah yang didalamnya terdapat televisi yang menayangkan film anak-anak.

DSCN0619

DSCN0553

Gue suka semua ilustrasi buku anak-anak di pameran ini. Berbagai macam warna yang dipadu menarik mata kita untuk menatap dan memerhatikan. Dari puluhan ilustrasi tersebut, berikut adalah lima favorit gue:

DSCN0519*Ophelia karya ilustrasi Ingrid & Dieter Schubert*

DSCN0550*Het Grote Voorleesboek van.. karya ilustrasi Sylvia Weve*

DSCN0565*Dimana Kue Tartnya karya ilustrasi The Tjong-Khing*

DSCN0571*Het Prinsenkind karya ilustrasi Martijn van der Linden*

DSCN0588*Sp1n Op Sokken karya ilustrasi Sieb Posthuma*

Pameran ini buka pada hari: Senin – Kamis 08.00 – 16.00 l Jumat 08.00 – 14.00 l Sabtu 10.00 – 13.00. Sebelum berakhir pada tanggal 10 Februari 2012, yuk ajak anak, keponakan, teman atau siapapun untuk melihat pameran ini. Selamat memanjakan mata anda..

NB: Foto lengkap bisa dilihat di sini

6 thoughts on “Pameran Buku dan Ilustrasi Anak dari Belanda

  1. iih, tuh kan bener. gambar yang angka-angka itu keren..
    nyomot yah..🙂

    etapi itu cewek yang pake kerudung lagi duduk sambil baca juga keren sih..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s