Jakarta Biennale #14.2011

24 Desember 2011

Masih dalam rangkaian tur museum bareng sahabat gue, Farah, di seputaran Jakarta Pusat. Kami berjalan dari Museum Nasional yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat menuju Galeri Nasional yang terletak di Jalan Medan Merdeka Timur. Betapa melelahkannya perjalanan kala itu, kami sempat kelelahan di tengah jalan karena panas yang menyengat siang itu. Kami sempat berhenti dan melihat rusa melalui celah pagar Monas sambil mengatur napas agar kembali normal.

Setelah perjalanan kaki yang cukup melelahkan itu, sampailah kami di Galeri Nasional. Di sana sedang ada pameran Jakarta Biennale #14.2011 “Maximum City: Survive or Escape?”. Jakarta Biennale merupakan pameran seni rupa internasional yang diadakan dua tahun sekali sejak 1968. Tahun 2011 merupakan penyelenggaran yang ke empat belas kali. Berbagai acara digelar dalam penyelenggaraannya dengan menghadikan karya-karaya dari seniman lokal maupun internasional. Tak ada tiket masuk yang mesti dibayar untuk melihat karya-karya seni yang mengagumkan ini.

Jujur gue bukan pengamat seni rupa. Sehingga gue menilai karya dari keunikan dan keindahannya saja. Gue tidak menelaahnya secara mendalam dengan pertimbangan teknis dan nonteknis seni rupa. Jadi, inilah beberapa karya yang menarik buat gue, seorang pengagum seni rupa yang awam:

Berjuang Hidup by I PUtu Edy Asmara

DSC02344

DSC02340

DSC02349

Farah

Farah

Tiga foto tepat di atas ini, perempuan berbaju hijau itu bukan bagian dari pameran ya. Itu sahabat saya, Farah yang tak akan anda temukan jika anda ke pameran Jakarta Biennale sekarang ataupun esok. Hehehe…  Masih di hari yang sama, kami menuju Taman Ismail Marzuki. Tadinya sih mau menonton pertunjukan di Planetarium. Sayang, kami kehabisan tiket. Sehingga kami menggunakan waktu untuk makan dan mengunjungi Galeri Cipta II. Di sana pun sedabf digelar pameran Jakarta Biennale. Berikut beberapa karya yang menarik menurut gue:

Toko Buku Satu Buku

Death In Jakarta by Ucu Agustin

The First Round by Ivana Stojakovic

5 Januari 2012

Karya seni yang dipamerkan di dalam ruangan selain kedua tempat di atas juga ada di Mal Central Park, Jakarta Barat. Tadinya gue sudah ke sana tanggal 29 Desember 2011. Ternyata, pamerannya baru mulai tanggal 3 Januari 2012. Akhirnya kamis, 5 Januari 2012, gue menyempatkan untuk ke Mal Central Park dan menemukan berbagai karya seni yang tak kalah menarik dengan kedua tempat sebelumnya. Berikut beberapa karaya yang menarik buat gue:

DSC02726

Baby Game

DSC02744

Pameran Jakarta Biennale #14.2011 ini akan berlangsung hingga tanggal 15 Januari 2012. Tak ada ruginya untuk datang ketiga tempat diatas. Gratis dan dapat menyegarkan mata anda. Gue sendiri, masih dalam rangkaian kegiatan Jakarta Biennale ingin menghadiri pertunjukan Teater Bejana: “Nonton Cap Go Meh” di Petak Sembilan. Yuk, ketemuan disana…

NB: Foto Selengkapnya di sini.

5 thoughts on “Jakarta Biennale #14.2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s