Sea World Indonesia

27 Desember 2011

Salah satu dari tiga impian yang ingin gue wujudkan sebelum pergantian tahun sudah terlaksana. Impian pertama itu sudah gue tulis di postingan Monumen Nasional. Impian kedua gue pun akhirnya terwujud juga yaitu masuk ke dalam Sea World Indonesia. Tak terhitung berapa kali gue main ke Gelanggang Renang, Gelanggang Samudera ataupun Dunia Fantasi yang berada dalam satu kawasan yang sama yaitu Taman Impian Jaya Ancol. Tapi ke Sea World  yang berdiri sejak tahun 1992, gue belum pernah sekalipun ke sana. Dulu sih tidak begitu tertarik, entah kenapa akhir tahun ini rasa ingin bermain ke Sea World tak bisa tertahankan lagi.

*sumber: beritajakarta.com*

Pukul satu kurang gue sudah sampai di Sea World, dengan membayar Rp 70.000 gue bisa menjelajah sepuasnya. Tidak ada perbedaan harga tiket antara hari kerja dan hari libur. Setelah dicap gambar lumba-lumba kecil di tangan, gue masuk ke Sea World Indonesia. Banyaknya akuarium yang tak sabar menungguuntuk disambangi, gue pun bergegas ke sebelah kiri. Akuarium pertama yang gue datangi adalah Akuarium Hutan Hujan Tropis. Di dalam akuarium ini terdapat berbagai macam ikan.Diantaranya yaitu Arwana Irian, Arwana Perak, Kakap Putih Air Tawar dan Pari Air Tawar.

DSC02393

DSC02396

Pukul satu siang ada pemberian makan di AquArapaima. Kebetulan sekali akuariumnya terletak tepat di sebelah kanan Akuarium Hutan Hujan Tropis. Langsung saja gue merapat ke Aquarapaima. Dinamakan AquArapaima karena di dalamnya terdapat ikan Arapaima. Ikan air tawar terbesar di dunia yang dikenal dengan nama Pirarucu ini berasal dari Sungai Amazon. Ikan Arapaima dewasa bisa mencapai panjang lima meter dan berat 200 kilogram. Di dalam akuarium ini selian ikan purba Arapaima, juga terdapat ikan lainnya yaitu Lele Macan, Lele Ekor Merah, Roa-roa dan Bawal.

DSC02406

DSC02420

Setelah pemberian makan di AquArapaima, gue mampir di Akuarium Buaya Senyulong. Ciri khas buaya ini terletak di moncongnya yang panjang tetapi tidak ramping. Kemudian ke Akuarium Ikan Terumbu Karang (di antaranya ada ikan Napoleon, Dean-dean, Kuwe Macan, Betok, Kepe-kepe dan ikan Bidadari) dan Akuarium Dermaga. Oh ada ikan di sebuah akuarium yang bentuknya mirip banget sama karang. Hayo tebak mana ikannya?

DSC02445

DSC02431

DSC02458

DSC02462

Pada pukul setengah dua siang, banyak pengunjung yang merapat ke kolam “Touch Pool”. Ternyata sedang ada pemberian makan. Di kolam touch pool kita dapat menyentuh beberapa hewan laut seperti penyu, ikan hiu, ikan pari dan bintang laut. Pemberian makan untuk ikan pari agak unik, karena langsung disuapin ke mulutnya. Itu karena penglihatan mereka yang buruk. Penglihatan penyu juga buruk sih tapi karena giginya yang tajam, digunakan tongkat untuk memberinya makan.

DSC02498

DSC02495

DSC02504

DSC02493

Setelah itu gue mampir ke Akuarium Kuda Laut. Ya ampun imutnya, hihihihi, lucu banget. Beda  jauh sama Akuarium Belut Laut yang bikin bergidik. Giginya runcing dan perawakannya yang panjang kayak ular itu membuuat gue makin males lihatnya. Ada juga akuarium yang isinya sejenis udang-udangan gitu, gue lupa namanya.

DSC02461

DSC02476

DSC02480

Di Sea World ternyata ada juga studio untuk pemutaran film tentang laut dan isinya. Kemudaian ada perpustakaan penuh dengan buku-buku informasi tentang laut dan isinya. Bahkan ada Museum Misteri Kehidupan Laut Dalam. Di dalamnya banyak ikan yang diawetkan untuk tujuan pengetahuan. Di antaranya ada Coealacanth Indonesia, ikan purba dari Minahasa. Dan juga Ikan Pari Mas yang merupakan ikan pari air tawar yang terbesar.

DSC02514

DSC02518

Pukul dua saatnya pemberian makan di ‘Main Aquarium”. Akuarium terbesar di sea world yang menampung lima juta liter air laut serta hampir 7000 hewan dari 350an spesies termasuk ikan hiu dan ikan pari. Tak pelak ketika waktu pemberian makan tiba, dinding kaca terlihat penuh dengan ikan. Terutama ikan pari yang ‘menyerbu’ para penyelam. Lucunya, ikan pari dibuat berputar terlebih dahulu sebelum disuapi. Entah tujuannya untuk atraksi saja atau memang untuk olahraga si ikan pari, hehe..

DSC02539

DSC02561

Untuk atraksi di akuarium ini cukup lama durasinya, sekitar 15 menit. Setelah itu gue beranjak menuju terowongan. Sejak awal sudah gue incar untuk memasukinya. Sebenarnya ini merupakan bagian dari Main Aquarium. Serunya di sini kita seperti berjalan di bawah laut dan dikelilingi oleh ratusan ikan. Tak perlu cepat-cepat, cukup berdiri saja dan ikuti lantainya yang berjalan perlahan. Nikmati keindahan pemandangan kehidupan laut dari jarak dekat ini.

DSC02535
Keluar dari terowongan saya menuju Akuarium Dugong karena waktu sudah menunjukkan pukul setengah tiga sore dan akan ada pemberian makan. Hewan laut yang berbadan besar dan pemalas,*habisnya diam saja dari tadi* tapi ketika penyelam datang membawa makanannya berupa rumput laut *beda dengan rumput laut yang kita makan*, dua dugong langsung menghampiri dan makan dengan lahap.

DSC02564

Selesai dari situ, sebenarnya gue sudah mengelilingi hampir seluruh Sea World Indonesia. Maklum saja, lokasinya tidak terlalu luas. Tapi karena ada jadwal pemberian makan ikan hiu di Sharkquarium, gue menunggu dengan sabar di depan akuairumnya. Hingga pukul tiga sore, muncullah penyelam dalam kerangkeng di Sharkquarium. Dengan menggunakan tongkat, penyelam ini memberikan makan ikan hiu yang ganas itu.

DSC02583

Hati gue sangat senang dan tambah banyak pengetahuan baru khususnya tentang kehidupan laut. Tempat ini merupakan tempat yang pas untuk mengajak anak-anak untuk liburan sekaligus mengenalkan mereka tentang kehidupan laut. Ada satu keinginan gue kalau balik ke sini lagi. Ingin mencoba ‘fun dive’ yang katanya sih tidak perlu diving license.

Seru kali yah menyelam di main aquarium… *berkhayal berenang di antara ikan-ikan*

NB: Foto Selengkapnya di sini.

One thought on “Sea World Indonesia

  1. Pingback: Perkemahan Malam Tahun Baru ‘”Pulau Malinjo” (bag. 1) « Catatan Perjalanan Penggila Buku

Leave a Reply

